Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecepatan Internet Tembus 402 Tbps! Masa Depan Internet yang Super Cepat

Masa Depan Internet yang Super Cepat

Beberapa dari kita mungkin masih ingat ketika koneksi internet 56 kbps dianggap cepat. Kemudian hadir DSL yang membuat dial-up terasa seperti keong yang sedang tidur.

Namun kini, dilansir dari PC Gamer, tim insinyur dari Institut Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Jepang (NICT) telah mencapai kecepatan transmisi data sebesar 402 Tbps menggunakan kabel serat optik standar. Dengan kecepatan ini, kita bisa mengunduh Baldur's Gate 3 dalam waktu kurang dari empat milidetik.

Tim dari NICT tidak menggunakan teknologi aneh atau jarak mikroskopis di laboratorium karena merekamenggunakan 50 km kabel serat optik yang tersedia secara komersial dan amplifier sinyal dalam pengujian mereka.

Pada kecepatan puncak yang diperkirakan mencapai 402 Tbps atau 50,25 TB/s, ini sekitar 25% lebih tinggi dari rekor sebelumnya yang dicapai pada Oktober lalu. Serat optik digunakan sebagai tulang punggung internet di seluruh dunia, dengan mengirimkan informasi digital melalui sinyal infra merah, cahaya, dan ultraviolet yang dimodulasi.

NICT memanfaatkan sebanyak mungkin pita transmisi yang tersedia, bersama dengan amplifier dan penyeimbang gain mutakhir, untuk mencapai total bandwidth sinyal sebesar 37,6 THz. Itu lebih dari 100.000 kali lebih banyak bandwidth daripada yang dapat digunakan oleh WiFi 7, misalnya.

Sayangnya, jangan berharap bisa mendapatkan koneksi broadband rumah sebesar 400 Tbps dalam waktu dekat. Biaya dari setup saat ini terlalu mahal untuk pengguna umum, tetapi perkembangan ini tentu menarik bagi industri, mengingat jumlah data yang dibutuhkan melalui web sangat besar.

Apakah bisa diterapkan ke internet rumah?


Mari bayangkan sejenak bahwa kita bisa memiliki paket broadband rumah sebesar itu. Apakah kita benar-benar bisa mengunduh beberapa game 150 GB dalam waktu kurang dari satu detik? Sayangnya, tidak, karena ada banyak hambatan di dalam PC gaming terbaik sekalipun, dimulai dari port Ethernet.

Mungkin kita cukup beruntung memiliki motherboard yang dilengkapi dengan port 10GbE atau 10 Gbps, tetapi itu masih lebih lambat sekitar 400.000 kali dibandingkan pencapaian NICT.

Bahkan jika Anda menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut (dan hambatan bus PCH), Anda akan dibatasi oleh kecepatan RAM atau SSD PC gaming Anda. Mereka tidak mampu menulis data cukup cepat untuk mengikuti kecepatan tersebut. Rig kelas atas dapat dengan mudah mengatasi koneksi home fibre 1 Gbps yang bagus, tetapi tidak ada peluang untuk mengatasi 402.000 Gbps!

Namun, siapa tahu saja, berikan beberapa dekade lagi dan mungkin semua akan mengeluh tentang betapa lambatnya broadband ultra 400 Tbps kita. Tentunya, game juga akan jauh lebih besar dari 150 GB pada saat itu.

Posting Komentar untuk "Kecepatan Internet Tembus 402 Tbps! Masa Depan Internet yang Super Cepat"